cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021" : 20 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN PADA MATERI PECAHAN BIASA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG UNTUK SISWA KELAS IV SD Zadulhaq, Ahmad Jajuli; V.Y, Indhira Asih; Alamsyah, Trian Pamungkas
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi media pembelajaran Blok pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV, khususnya materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuasi Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sindangraksa yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil kemampuan pemahaman konsep materi pecahan siswa di kelas eksperimen yang lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa dikelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai pada posttest kelas eksperimen yang menggunakan media blok pecahan yaitu 65, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas control yang mengunakan media gambar yaitu 55, dan dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media blok pecahan pada kelas eksperimen dengan kategori baik, lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan media gambar dengan kategori cukup.
Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD Nuryani, Luh; Surya Abadi, Ida Gede
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32934

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendefinisikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan media Flipbook pada materi sistem pernapasan manusia pada muatan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development and Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode yang digunakan yaitu metode non tes yang meliputi wawancara dan angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Uji coba pada penelitian pengembangan ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan menggunakan subjek yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penilaian media dari penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh presentase skor (98%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor (93%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, dan dari subjek uji coba perorangan dari siswa memperoleh presentase skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook layak digunakan pada proses pembelajaran.
Pengembangan Media Diorama Materi Siklus Air Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Putra, I Kadek Dwi; Suniasih, Ni Wayan
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32878

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada proses pembelajaran, khususnya pada media yang digunakan saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun dan validitas media diorama materi siklus air pada muatan IPA. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data memperoleh presentase sebagai berikut. (1) ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, (2) ahli desain instruksional memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, (3) ahli media pembelajaran memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi baik, dan (4) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 95,33 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk media diorama ini layak digunakan pada pembelajaran muatan materi IPA kelas V.
Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik ZULHELMI, ZULHELMI
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31209

Abstract

Kvisoft Flipbook maker merupakan sebuah media pembelajaran dan fasilitas yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran. Tujuan dari Kvisoft flipbook maker ini adalah untuk mengeksplorasi hasil perencanaan, pembuatan dan implementasi media pembelajaran teknik pembuatan PCB secara manual sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran ini yaitu Kvisoft flipbook maker . Adapun sistem media pembelajaran ini berupa modul virtual yang menggunakan aplikasi Kvisoft flipbook maker, hal ini dikarenakan adanya perkembangan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga tenaga pendidik mampu untuk membuat media pembelajaran yang tampilannya menarik, mudah dipahami dan mudah digunakan. Media pembelajaran yang tampilannya menggunakan aplikasi Kvisoft flipbook maker ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dalam bentuk pengetahuan dan ketrampilan peserta didik pada pelajaran teknik pembuatan PCB secara manual. Metode penelitian yang digunakan ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif, dimana jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Quasi eksperimen design juga bisa disebut dengan semi eksperimen plan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes hasil belajar.
PENGEMBANGAN APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM PADA MATERI GERAK MELINGKAR Rahmayani, Fadillah; Hendri, Menza; Rasmi, Dian Pertiwi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32671

Abstract

Pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan berpusat pada peserta didik (Student centered) tidak sepenuhnya diterapkan, sehingga peserta didik menjadi tidak aktif, untuk itu dikembangkan produk berupa Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM ini agar dapat menunjang pembelajaran siswa menjadi lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemetasi, dan Evaluasi). Hasil produk divalidasi oleh validator ahli dan validator media dan diperoleh hasil dengan rata-rata 3,30 dalam kategori  sangat baik untuk ahli materi dan 3,4 hasil dari ahli media dengan kategori sangat baik. Responden penelitian adalah siswa SMAN 1 Muaro Jambi dalam uji kelompok kecil angket responden dan diperoleh hasil Produk yang dikembangkan memiliki rata-rata skor 3,27 dimana termasuk dalam kategori Sangat Baik, Pada Aspek Komunikasi Visual memiliki rata-rata 3,21 yang termasuk dalam kategori baik, Pada Aspek rekayasa perangkat lunak dengan rata-rata 3,29 dengan kategori sangat baik dan Nilai Rata-Rata secara keseluruhan adalah 3,26 dalam kategori sangat baik. Sehingga Produk yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan.
Pengembangan Media Miniatur Rumah Adat dengan Panel Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Imawati, Imawati; Rusmawati, Retno Danu; Nurjati, Nunung
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.34356

Abstract

Dengan adanya pengembangan media Miniatur Rumah Adat dengan Panel Surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4, pada pelajaran tematik di SD AL Falah Darussalam 2 Sidoarjo. Media Miniatur Rumah Adat dengan Panel Surya dibuat semenarik mungkin, menjadi media yang berkesan dan menjadi pengalaman bermakna bagi siswa. Sehingga hasil belajarpun tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jenis Penelitian yang akan digunakan adalah pengembangan atau Research and Development. Analisis yang telah diungkap menympulkan bahwa dalam pembelajaran tematik dengan media miniature dengan panel surya untuk tema 2 selalu berhemat energy untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Al-Falah Darussalam, Waru Sidoarjo secara signifikan mendapat kemajuan dalam uji coba dari kelompok kecil, uji coba kelompok terbatas dan uji coba kelompok besar. Oleh karena itu produk media miniatur berbasis pembelajaran tematik dapat disosialisasi dan didesiminasi untuk dicetak sebagai pedoman dalam mengajar di kelas IV sekolahg dasar, sehingga dapat disebarkan kepada guru-guru dan siswa sekolah tempat penelitian dilakukan maupu di sekolah sekolah dasar lainnya yang memiliki pelajaran yang sama
Pengembangan e-Modul Counter berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika RINDARYATI, NURWAHYU
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31240

Abstract

Penjelasan tentang penggunaan Flip Pdf pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Nata, I Kadek Wisnu; Putra, DB. Kt. Ngr. Semara
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32726

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E pada muatan IPA kelas V (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E pada muatan IPA kelas V SD. Model pengembangan  yang digunakan dalam penelitian yaitu model DDD-E. Model pengembangan DDD-E memiliki empat tahapan utama diantaranya (1) decide/menetapkan (2) design/merancang tampilan (c) develop/mengembangkan (d) evaluation/revisi. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Validasi media bedasarkan uji para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian menggunakan 3 pesera didik untuk uji coba perorangan, dan  9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 94,6% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 87.5% dengan kategori tergolong baik. Uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 94.0% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji perorangan memperoleh skor sebesar 91.03% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88.68% dengan kategori tergolong baik. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E muatan IPA sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Pengembangan Media Pop-Up Book Batik Lasem untuk Sekolah Dasar Julianto, Hehen; Madjdi, Achmad Hilal; Kanzunnudin, Mohammad
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.30759

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pop-up book batik Lasem untuk kelas V sekolah dasar di Kecamatan Rembang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, dan revisi hasil uji produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk media pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V sekolah dasar di Kecamatan Rembang. Desain pengembangan media pop-up book batik Lasem untuk sekolah dasar yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas bagian pendahuluan dan isi materi. Pada bagian pendahuluan meliputi prakata, daftar isi, KI, KD dan indikator. Bagian isi materi meliputi sejarah, motif dan makna batik Lasem. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta dari hasil respon guru dan siswa. Dari proses validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 44 persentase 88% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli media memperoleh jumlah skor 68 persentase 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi maka media pop-up book batik Lasem untuk sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Ariyani, Ni Komang Ayu; Ganing, Ni Nyoman
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.33684

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Kurangnya media yang menarik membuat pembelajaran menjadi kurang optimal sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, perlu dikembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media Power Point berbasis pendekatan kontekstual pada materi siklus air muatan IPA kelas V Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan validitas media Power Point berbasis pendekatan kontekstual menurut review ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji coba perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Baturiti. Dalam pengembangan media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 88,33% dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Power Point berbasis pendekatan kontekstual ini layak digunakan dalam pembelajaran karena dapat menarik minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran dalam jaingan dan dapat membantu siswa lebih fokus dalam belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 20